Skip to content
04/11/2009 / Admin

Managemen waktu untuk meraih sukses

Setelah cukup lama absen ngeblog,..seminggu lebih blogku tanpa posting terupdate ada kerinduan memanggil,ada rasa kasihan sama blogku yang sprtinya terlantar beberapa hari.Ingin berkunjung juga sama rekan-rekan blogger yang sudah mengupdate bebrapa posting,jadi ketinggalan nich…

Ada yang berubah dari blogku,setelah sekian hari tak tersentuh postingan,ada rasa senang dan timbul kembali semangat ngeblog meski banyak bermodal copast.Blogku setelah bulan kemarin di kasih hadiah berupa Award,kini dapet jg hadiah berupa Page Rank,lumayan dapet PR 2.Buat modal ngeblog jadi gak minder-minder amat ama yang sudah punya PR tinggi,maklum masih dalam taraf belajar dan menuangkan sedikit kreatifitas di luar kesibukan kerja yang kadang muncul rasa jenuh.
Pada posting ini ingin saya mengulas tentang pentingnya waktu dalam rangka meraih kesuksesan.Dengan mengatur waktu atau memanage waktu yang tepat seoptimal dan semaksimal,seefektif dan seefisien semoga hasilnya juga berbanding lurus dengan perjuangan dan pengorbanan yang telah kita berikan dengan waktu yang telah kita gunakan.

Manajemen waktu

Betapa seringnya kita mendengar pepatah yang mengatakan “Waktu Adalah Uang“. Tapi sebenarnya berapa banyak diantara kita yang benar-benar dapat memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya? Sebenarnya, jika Anda ingin mengatur kehidupan Anda dan membuatnya menyenangkan, sebagai permulaan yang Anda butuhkan adalah mengatur waktu Anda. Tak perlu dipertanyakan lagi, pengaturan waktu yang efektif merupakan hal mendasar untuk lingkup berbagai wilayah kehidupan. Pada kenyataannya, seringkali terdapat perbedaan antara pencapai kehidupan sejati dan orang-orang yang, meski sibuk, tak pernah sampai pada titik dimanapun.

Tak mengejutkan kalau dalam seluruhan industri pengaturan waktu jadi sebuah kebutuhan. Tapi jika Anda meninjau lebih dalam, Anda akan dapat melihat bahwa sebenarnya pengaturan waktu tak jauh beda dengan manajeman diri. Karena pada kenyataanya, Anda tak dapat mengatur waktu, tapi Anda dapat mengatur diri sendiri dan apa yang Anda lakukan dalam setiap kesempatan.

Kebanyakan ahli sepakat bahwa sukses merupakan hasil dari kebiasaan. Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperlancar bagaimana Anda menggunkan waktu, yakni dimulai dengan kebiasaan Anda (kontrol diri). Dan kebiasaan ini dimulai sebagai pembuatan keputusan secara sadar.

Sekali Anda bisa, seterusnya kebiasaan bagus ini jadi hal alami. Dalam banyak kasus, sukses bukan dihasilkan dari hal yang tak biasa, tapi lebih sebagai hasil dari kemampuan seseorang untuk ‘menguasai keduniawian’. Dengan konsisten menampilkan seluruh tugas penting yang belum sempurna, sejalan dengan waktu aktivitas ini akan berubah jadi pencapaian besar.Berikut beberapa aturan sederhana yang dapat diikuti untuk melakukan pengaturan waktu yang lebih baik:

  1. Jangan Menangguhkan. Lakukan saat ini juga. Saat orang menunda sesuatu, itu berarti membunuh daya gerak pencapaian pada tujuan saat ini dan menghalangi kesempatan di masa mendatang lantaran waktu yang tersumbat. Cara untuk mencegah penundaan adalah dengan merancang deadline untuk tujuan yang harus dicapai. Menghindari deadline terakhir membawa penundaan yang diatur tujuan sebagai perantara untuk mencapai setingkat demi setingkat menuju tujuan.waktu
  2. Lacak Aktivitas Anda. Memori adalah penuntun yang payah, jika ini berhubungan dengan menetapkan bagaimana Anda melewatkan waktu Anda. Cara terbaik untuk merekam aktivitas Anda sepanjang hari adalah dengan mendata apa yang Anda lakukan. Kebanyakan orang akan menemukan kalau mereka memiliki tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal yang lebih membangun atau tindakan yang efisiean. Kurangi waktu yang Anda gunakan untuk bertelepon, membolak-balik majalah atau surfing di web yang tak mengahasilkan apapun, dan batasi kegiatan-kegiatan yang tak penting.
  3. Berkonsentrasi Pada Hasil. Banyak orang melewatkan waktu mereka sepanjang hari dengan aktivitas yang hiruk-pikuk, tapi hanya sedikit membuahkan hasil. Itu semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Jangan terkecoh antara bekerja secara efisien dan bekerja secara efektif. Aktivitas dapat memang kadang dapat membebaskan dari tekanan tapi itu tak mencapai tujuan Anda. Dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit preoritas ‘utama’ secara teratur. Anda dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.
  4. Ingat Prinsip 80/20. 20% kunci aktivitas Anda akan memberi Anda 80% dalam bentuk hasil.
    Tujuan Anda adalah mengubah ini untuk memastikan kalau Anda berkonsentrasi sebanyak usaha yang mungkin Anda lakukan untuk hasil tertinggi dari tujuan.
  5. Gunakan Waktu Perjalanan Dengan Bijaksana. Sangat mudah untuk mengabaikan waktu yang dilakukan untuk menempuh perjalanan dalam penafsiran manajeman waktu. Pertimbangkan dengan hati-hati apakah ini merupakan waktu yang sesuai dimana Anda dapat juga menggunakannya secara lebih produktif. Sebagai contoh, jika Anda memilih naik bus atau kereta untuk menuju tempat kerja, apakah ini menyediakan kesempatan untuk membuat penggunaan waktu Anda jadi lebih baik? Atau jika Anda nyetir sendiri, apa Anda bisa mendengarkan rekaman pendidikan atau motivasional yang dapat membuat Anda memperbaiki ketrampilan dan lebih produktif?
  6. Bangun Rancangan Aksi. Sebuah rencana tindakan merupakan daftar pendek dari tugas yang harus dilengkapi untuk mencapai sebuah tujuan. Ini beda dengan To Do list dimana fokus utmanya adalah pencapaian tujuan, (dan langkah untuk mencapainya secara spesifik) dari pada hanya membuat tujuan untuk dicapai dalam periode waktu. Kapanpun Anda ingin mencapai sesuatu, buat gambaran gambalng dari rencana tindakan, ini akan memberi Anda kesempatan untuk lebih berkonsentrasi pada tahap pencapaian itu, dan memonitor kemajuannya dalam perwujudan.
  7. Merespon Dengan Cepat. Sebagai contoh, urus mail Anda begitu Anda menerima surat. Jangan biarkan tagihan dan surat-surat itu membebani Anda. Jika Anda tak bisa membalas sebuah surat saat itu juga, buat file di tempat khusus yang mudah dilihat, dan tuliskan di amplop tindakan yang dibutuhkan serta tanggal dimana Anda dapat menyelesaikannya.Ketika memungkinkan, lakukan tindakan pada hari yang sama saat Anda menerimanya. Jangan biarkan komputer, meja dan pikiran Anda jadi bertumpuk dengan hal yang tak berguna.
  8. Bersikap Tegas. Belajarlah berkata tidak pada orang lain. Waktu Anda sangat berharga. Jadi jangan biarkan orang lain menentukan atau memanfaatkan Anda untuk kepentingan rencana mereka. Batasi gangguan sebisa mungkin. Tutup pintu Anda, matikan nada dering telepon atau minta dengan terus terang agar Anda tidak diganggu.
  9. Jadwalkan Waktu Untuk Bersantai. Saat Anda mengatur waktu dan bisnis Anda, pastikan untuk menyisihkan saat untuk bersantai.

Tugas pertama Anda untuk dapat mengatur waktu dengan lebih baik adalah membuat mendaftar seberapa banyak waktu yang Anda buang sia-sia selama sehari, dari sana atur ulang aktivitas Anda untuk melakukan yang lebih maksimal dalam setiap menit. Lebih dari segalanya, berpegangteguhlah pada rencana Anda. Jadwal yang Anda buat hanya dapat terlaksana dengan benar hanya jika Anda keukeh dengan itu. Nah, dengan mengikuti tips ini kami harap Anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk melakukan hal-hal yang ingin Anda capai dalam hidup Anda.

*Sumber: Kapanlagi.com
Advertisements

49 Comments

Leave a Comment
  1. endang kusman / Mar 2 2010 6:27 am

    Filosofis memanfaatkan waktu untuk kebaikan : “Kejarlah dunia seakan-akan kita tidak akan mati, bertaqwa dan berlombalah dalam berbuat kebajikan seakan-akan mau mati besok”.

  2. Batavusqu / Jan 18 2010 7:06 am

    Salam Takzim
    Waktu adalah uang
    Salam Takzim Batavusqu

  3. Abula / Jan 11 2010 7:56 am

    Selamat Siang menjelang sore,
    Selamat Hari Senin,
    Semoga tetap semangat dan Sukses selalu,

    Salam Hangat,
    AbulaMedia

  4. Desain Lansekap / Jan 9 2010 4:20 pm

    “Jadwalkan Waktu Untuk Bersantai”
    Good poin tuh… terkadang ngeblog membuat waktu santai jadi terganggu… Itulah pentingnya manajemen waktu…

    • yusupman / Jan 11 2010 12:50 am

      Betul juga.. Kang Desain

  5. Ruang Hati / Jan 6 2010 9:07 am

    Siapa yang berhasil memanage waktu dia yang menang.

  6. BaNi MusTajaB / Nov 21 2009 10:01 pm

    info menarik..meski tidak harus seperti itu..

  7. ABDUL AZIZ / Nov 21 2009 7:53 am

    Assalamu’alaikum,

    Masyarakat kita memang sering mengabaikan waktu, padahal mayoritas kita Muslim yang telah diperingatkan Allah tentang pentingnya memanage waktu dengan baik.
    Allah di dalam Al-Quran banyak bersumpah dengan waktu, maksudnya sebagai peringatn agar kita memperhatikan waktu. Ada wal ashri ( demi waktu ashar ), wadhdhuha ( demi waktu dhuha / pagi ) , wallaili ( demi waktu malam).
    Terima kasih atas tulisannya yang menggugah dan mengingatkan.
    Salam.

  8. mazyayan / Nov 20 2009 7:38 am

    saya paling susah menghilangkan kebiasaan buruk suka menunda pekerjaan. akhirnya kelimpungan sendiri klo dah telat.

  9. ruanghatiberbagi / Nov 11 2009 4:43 am

    waktu bukanlah uang, bila kita kehilangan uang maka kita bisa cari kembali, namun bila kita kehilangan waktu maka kita kehilangan selamanya

  10. bonk 181 / Nov 7 2009 11:11 am

    infonya berguna banget!

    • yusupman / Nov 7 2009 12:10 pm

      Moga aja ada point2nya mudah kita jalankan ya..thanks mas dah mampir

  11. chokey / Nov 7 2009 6:08 am

    Lama neh sobatku baru update,

    Thanks telah berbagi : saya tip yang ini :

    Kurangi waktu yang Anda gunakan untuk bertelepon, membolak-balik majalah atau surfing di web yang tak mengahasilkan apapun, dan batasi kegiatan-kegiatan yang tak penting.

    Gimana kalau koneksi lelet mas…. dah mau menghasilkan eh nggakjadi akibat koneksi terputus hehe

    • yusupman / Nov 7 2009 8:34 am

      Iya nich bang…abis refresing mlupakan kompi sjenak…,smg bsa di terapkan biar beberapa point jg..

  12. ruanghatiberbagi / Nov 7 2009 12:34 am

    Selamat pagi semua selamat berakhir pekan yah……… selamat liburan

    • yusupman / Nov 7 2009 3:18 am

      Ok..slamat pagi jg semuaaaa…ikutan yuuuk berakhir pekan bareng Mbak ruang Hati…

  13. Nafis Mudrika / Nov 6 2009 5:23 pm

    Makasih postingnya. inspiring banget.

    • yusupman / Nov 6 2009 10:44 pm

      Sama-sama Mas..

  14. casrudi / Nov 6 2009 5:16 pm

    Besok dan lusa adalah waktu santaiku Mas, malam ini bergerilya mengunjungi teman2… 🙂

    Trims sharing waktunya Mas Yusup

    • yusupman / Nov 6 2009 10:45 pm

      Selamat bergerilya ya Kang…semoga dapat oleh-oleh yang banyaaaaaak…

  15. Halaman Putih / Nov 6 2009 2:40 pm

    Saya perhatikan, banyak orang memanfaatkan waktunya untuk tidur bahkan sampai seharian. Apalagi mereka yang tak ada kerjaan.

    Salam,
    HALAMAN PUTIH

    • yusupman / Nov 6 2009 5:01 pm

      Betul Mas..itu adalah cirinya orang yang ngantuk berat..mungkin kelelahan gitu ya….Terima kasih knjungannya.
      Salam kembali

  16. dobleh yang malang / Nov 6 2009 12:22 pm

    selamat malam
    wah kapan ya ada postingan baru lagi
    salam hangat selalu

    • yusupman / Nov 6 2009 12:56 pm

      Ini juga masih anget kok mas…( Masih baru )…he he…

  17. Abula / Nov 6 2009 9:46 am

    jatah waktu setiap orang sama … namun tingkat kesuksesan tiap orang berbeda-beda…
    kuncinya : manajemen waktu…

    terima kasih tulisannya … benar2 mantaps..

    Salam Hangat Selalu,
    AbulaMedia.com

    • yusupman / Nov 6 2009 10:08 am

      Betul mas…mengingatkan kita semua…Terima kasih share tambahannya

  18. zipoer7 / Nov 6 2009 2:39 am

    Salam Takzim
    Menyapa sahabat di pagi hari dengan tetap menngingatkan waktu adalah pedang
    Salam Takzim Batavusqu

    • yusupman / Nov 6 2009 11:38 am

      setuju pak,..laksana pedang yang akan membunuh siapa saja tanpa pandang bulu..waktu adalah pembunuh paling kejam,..bagi siapa saja yg lalai akan waktu…Terima kasih…tambahannya pak..

  19. Badruz / Nov 6 2009 12:39 am

    Tips yang oke mas. memang begitu, waktu yang telah berlalu tak bisa berulang lagi. yang ada adalah kesempatan untuk memperbaikinya.

    salam.

    • yusupman / Nov 6 2009 3:36 am

      Betul Mas Badruz..smoga kita termasuk orng ya bisa mnfaatin wkt sebaik2nya…Thanks dah mampir

  20. bundadontworry / Nov 5 2009 11:51 pm

    intinya mempergunakan waktu yg ada semaksimal mungkin ya Mas Yusup.
    kalau kita ingin mendapatkan hasil yg diinginkan.
    terima kasih krn telah berbagi.
    salam.

    • yusupman / Nov 6 2009 3:38 am

      Setuju Bunda…namanya jg usaha ya…usaha butuh waktu..dan hasil adalah…pendapatan dari waktu yg sudah di kelola dengan optimal…

  21. Blogger Ingusan / Nov 5 2009 2:44 pm

    pertama mau ucapin selamat deh atas kenaikan PRnya.. keep spirit… 🙂

    memang paling sulit memanajemen diri.. sering kali rasa malas menghinggapi sehingga kerjaan jadi terbengkalai..

    • yusupman / Nov 5 2009 3:34 pm

      Betul Mas…tapi ya harus ttp semangat dan pantang menyerah kl pengen maju …

  22. kopral cepot / Nov 5 2009 2:30 pm

    untuk perubahan butuh MOTOR – Motivasi dan Orientasi yang kuat ..

    • yusupman / Nov 5 2009 3:35 pm

      Setuju..memang harus ada motivasi dan orientasinya harus jelas ya mas…

  23. arkasala / Nov 5 2009 3:32 am

    Tips yang menarik dan bermanfaat banget Kang. Pendek saja ini mengingatkan saya yang waktu kadang tersia-siakan. Ijin print ya . Salam 🙂 .

    • yusupman / Nov 5 2009 11:56 am

      Ok Kang matur tengkyu kunjungannya nich…

  24. arkasala / Nov 5 2009 3:31 am

    Tips yang menarik dan bermanfaat banget Kang. Pendek saja ini mengingatkan saya yang waktu kadang tersia-siakan. Ijin print ya . Salam 🙂

  25. batavusqu / Nov 5 2009 1:42 am

    Salam Takzim
    Saya juga percaya dengan kiasan Waktu adalah Uang, karena diperjalanan detik ke menit, menit ke jam ada jeda yang harus ditata, semakin baik tata_an di susun semakin baik pula otak kita menjalankannya. Bila waktu tak terancang otak sedikit mengalami gangguan. Nah kebanyakan orang memiliki penyakit migran karena otak sering bekerja keras. Terima kasih kang yusuf 9 trik menjaga waktu akan menambah wahana saya dalam berbagi waktu agar selogan Time is Money benar-benar menjadi kenyataan
    Salam Takzim Batavusqu

    • yusupman / Nov 5 2009 3:18 am

      Semoga juga ya pak..dan lagi jangan sampai kita di kejar waktu,hanya karena kita merasa banyak ketinggalan dgn orang2 yg telah dapat memanage waktunya..thanks sharenya tambahannya…

  26. dobleh yang malang / Nov 5 2009 1:24 am

    selamat pagi bang
    wah artikel yang baik dan lengkap
    makasih y
    salam hangat selalu

    • yusupman / Nov 5 2009 12:01 pm

      Salam hangat kembali Mas..thanks sudah mampir

  27. Dangstars / Nov 5 2009 12:24 am

    Artikel yang mantaps..
    So waktu begitu cepat berlalu,,,
    Why….?

    • yusupman / Nov 5 2009 3:20 am

      Iya ya Kang..ketika kita merasa tertingal..waktu begitu cepat berlalu…tetapi ketika kita punya bnyk waktu..kadang tak sadar kita terlena waktu terbuang bgt saja..thanks kang kunjungannya..

  28. Wong Jalur / Nov 4 2009 11:52 pm

    Ada sebuah kalimat bijak; “Gunakanlah waktumu sebaik mungkin, jika tidak maka engkau yg akan dibunuhnya’. Artinya waktu bisa jadi teman bila kita mampu memanfaatkannya, dan akan menjadi musuh hingga membunuh kita jika kita tak mampu memanfaatkannya.
    Salam kenal dan hangat.

    • yusupman / Nov 5 2009 11:59 am

      Setuju mas..memang begitulah,waktu laksana bumerang yang akan berbalik pada diri sendiri apabila tidak pandai2 mengaturnya ya…Salam kenal kembali mas…

  29. alamendah / Nov 4 2009 5:56 pm

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Selamat sudah berPR 2

    • yusupman / Nov 4 2009 10:49 pm

      Boleh,..boleh sudah aman Kang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: